SEKILAS INFO
:: - Rabu, 08/05/2024
  • 3 hari yang lalu / Festival Lomba Seni Siswa Nasional Kategori Lomba Pantomim SD Selasa – Rabu, 7 – 8 Mei 2024 Lapangan Basket Indoor Sinjai
KETUA BAN PDM SULSEL SOSIALISASIKAN AKREDITASI DI DISDIK SINJAI

Ketua BAN PDM Sulsel Sosialisasikan Akreditasi di Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai

DISDIK_SINJAI – Ketua Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah (BAN PDM) Sulawesi Selatan, Dr. Abdi, M.Pd., mengunjungi Kabupaten Sinjai untuk menyosialisasikan program Akreditasi PAUD dan PNF Tahun 2024. Kunjungan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para pemangku kepentingan tentang kebijakan dan mekanisme Akreditasi, serta pengisian instrumen dalam SISPENA 3.1. Jumat (24/4/24).

Acara sosialisasi yang diadakan di Aula Handayani Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai ini dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai, Dian Purnamasari, Kepala Bidang PAUD dan PNF Muhammad Ridwan, Asesor BAN PDM Sulsel dan Kabupaten Sinjai, Pengawas, serta 3 Satuan PAUD Usulan Akreditasi dan 9 Satuan PAUD Usulan Re Akreditasi yang terakreditasi pada tahun 2017 dan 2018.

Dalam sambutannya, Dian Purnamasari menyampaikan apresiasi atas kehadiran BAN PDM di Kabupaten Sinjai dan menekankan pentingnya akreditasi sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan pencapaian target Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Dian menjelaskan bahwa capaian target proporsi satuan PAUD terakreditasi minimal B Tahun 2023 telah mencapai 63,39% dari target 57,07%. Untuk tahun 2024, targetnya ditingkatkan menjadi 63,42%. Satuan PAUD yang terakreditasi tahun 2018 menjadi sasaran utama Reakreditasi Tahun 2024 dan 2025.

“Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai telah memberikan berbagai dukungan terhadap pelaksanaan akreditasi di satuan pendidikan, diantaranya dukungan kebijakan seperti surat edaran, sosialisasi, dan bimbingan teknis, dukungan pendanaan, seperti pembiayaan sosialisasi dan bimtek, pembiayaan assesment akreditasi, dan penghargaan bagi satuan pendidikan ber akreditasi baik, dukungan teknis,seperti membentuk tim pendamping, layanan informasi, dan melakukan monitoring dan evaluasi, terakhir dukungan moral, seperti Memberikan motivasi dan semangat, penghargaan terhadap upaya dan kerja keras satuan pendidikan serta menjadikan hasil akreditasi sebagai salah satu indikator kinerja satuan pendidikan khususnya di satuan PAUD.

Lebih lanjut, Ketua BAN PDM Sulsel, Dr. Abdi, menjelaskan bahwa akreditasi merupakan alat ukur untuk menilai kualitas satuan pendidikan. Akreditasi tidak hanya menilai hasil belajar peserta didik, tetapi juga seluruh aspek penyelenggaraan pendidikan, mulai dari kurikulum, manajemen sekolah, hingga kompetensi guru.

“Hasil akreditasi ini nantinya dapat menjadi acuan bagi sekolah untuk melakukan perbaikan dan pengembangan mutu pendidikan. Oleh karena itu, partisipasi aktif dari semua pihak dalam proses akreditasi sangatlah penting,” jelas Abdi.

Dengan kerjasama yang baik antara BAN PDM, Dinas Pendidikan, dan sekolah-sekolah, diharapkan program akreditasi dapat berjalan dengan sukses dan berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Sinjai. (Humas Disdik)

TINGGALKAN KOMENTAR

Blog Pegawai

Pengumuman

Perekrutan TUTOR ANGKAT BALIBOLAE

PENETEPAN PENERIMA PEMBERIAN BEASISWA PENGHARGAAN BEASISWA DAN BANTUAN PENDIDIKAN MAHASISWA BEPRESTASI TAHUN 2022

KRITERIA DAN PERSYARATAN PENERIMAAN PENGHARGAAN BEASISWA DAN BANTUAN PENDIDIKAN MAHASISWA BERPRESTASI TAHUN 2021

Peta Lokasi