SEKILAS INFO
:: - Rabu, 30/11/2022
  • 3 detik yang lalu / Untuk menambahkan running text silahkan ke Dashboard > Sekilas Info

Sosialisasi Inovasi Aplikasi MACCA QE , Pelatihan Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dan Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Pendataan Non ASN

Pelaksanaan Sosialisasi MACCA QE, Pelatihan ANBK dan Sosialisasi Pendataan Non ASN adalah hasil kerjasama para pengawas, kordinator Wilayah, Ketua K3S dan seluruh Satuan Pendidikan beserta TIM Panitia Manajemen Dinas Pendidikan Kab. Sinjai..

Hadirkan Aplikasi “Macca Qe”, Cara Disdik Majukan Dunia Pendidikan di Sinjai

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Sinjai, A. Jefrianto Asapa meluncurkan sebuah inovasi yang berbasis aplikasi digital bernama “Macca Qe” (Management of Connection, Collaboration and Aplication for Quality of Education).

Aplikasi tersebut diperkenalkan pada 16 September 2020 lalu dihadapan Balai Besar Penjamin Mutu Pendidikan (BBPM) Sulsel di Hotel Aryaduta Makassar

Saat ditemui, Senin pagi (19/09/2022), A. Jefrianto menjelaskan aplikasi tersebut ia gagas sebagai bagian dari proyek perubahan, khususnya dalam memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Sinjai.

Di dalam aplikasi Macca Qe, terdapat 3 fitur utama, yakni My School Quality, My School Business, dan My Help School.

Fitur pertama mencakup informasi standarisasi penjaminan mutu pendidikan dan kesetaraan mutu sekolah antar wilayah kecamatan.

Kemudian, fitur kedua merupakan sumber informasi tentang mutu pendidikan dan progresnya secara real time. Sedangkan, pada fitur ketiga menggambarkan informasi pendidikan Sinjai dan layanan urusan perkantoran.

“Macca Qe merupakan solusi bagi dunia pendidikan di Kabupaten Sinjai. Dimana didalamnya mencakup beberapa fitur yang menjadi unggulan kami dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi pendidikan di masa sekarang maupun masa yang akan datang,” ucap A. Jefri.

Tidak hanya itu, Macca Qe yang kini dapat diakses melalui Android, juga telah terintegrasi dengan sistem aplikasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

“Aplikasi ini adalah manajemen koneksi dan kolaborasi. Jadi semua kebijakan yang dilahirkan oleh kementerian pendidikan itu telah kita koneksikan di Macca Qe,” sambungnya.

Termasuk dalam hal urusan perkantoran, Macca Qe dapat menjadi sarana bagi para pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di sekolah-sekolah.

Hal itu sebagai upaya memberikan pelayanan prima kepada para ASN maupun non ASN, khususnya di lingkup Dinas Pendidikan.

“Kami sudah siapkan buku digital tamu di aplikasi ini. Jadi kalau ada yang ingin datang mengurus keperluannya di kantor, mereka terlebih dahulu harus mengisi buku tamu digital. Disitu akan muncul notifikasi jika ingin menemui pejabat yang bersangkutan, apakah hadir di kantor atau tidak. Jadi sebelum berangkat, mereka sudah mendapatkan informasi terkait pejabat yang ingin ditemui,” jelasnya.

Inovasi tersebut tidak terlepas dari dorongan dan dukungan dari Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA). Semata-mata untuk memajukan kualitas dunia pendidikan di Bumi Panrita Kitta julukan Sinjai ini.

“Pak Bupati selalu mendorong untuk terus berbuat bagi kemajuan dunia pendidikan di Sinjai. Apalagi dengan adanya aplikasi ini, beliau bisa melihat langsung kondisi pendidikan terkini di Sinjai yang dapat dijadikan sebagai dasar untuk menentukan kebijakan, khususnya dalam hal pendidikan,” pungkasnya

Pengumuman

PENETEPAN PENERIMA PEMBERIAN BEASISWA PENGHARGAAN BEASISWA DAN BANTUAN PENDIDIKAN MAHASISWA BEPRESTASI TAHUN 2022

KRITERIA DAN PERSYARATAN PENERIMAAN PENGHARGAAN BEASISWA DAN BANTUAN PENDIDIKAN MAHASISWA BERPRESTASI TAHUN 2021

JADWAL PELAKSANAAN UNBK

Peta Lokasi